Minggu, 13 Juni 2010

bagus Mana Kampus Negeri atau Swasta????



huh... cape' bangeD, sumpah, tapi Aku sempet-sempetin buat ngobrak-abrik ini blog walau bentaran doang dengan isi yang masih gak jelas. Iya sekarang masih tanggal 14 Juni 2010, ujian Akhir Semester (UAS), sekarang Aku lagi ujian di semester 2, gak sadar ya bentar lagi mau semester tiga. Kagak kerasa, perasaan baru kemarin nyampe di kota pelajar ini. Tapi sekarang lagi deg-deg'an aja, kayak na nilai aku semester ini bakalan turun deh. Gak tau la, tapi aku tetap optimis semoga Indeks Prestasi (IP) aku gak turun dari semester kemarin.
Aku masih di kampus tercintaku, Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta. Sebuah perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia dengan sejarah yang sangat panjang. Aku pribadi ngerasa kurang nyaman aja kalo ada yang ngendingin antara kampus Negeri dan Swasta. Menurut Aku itu pola fikir jaman dulu yang udah gak berlaku ato expayed buat diterapin dewasa ini. Pasalnya sekarangkan udah ada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nah arti na udah kagak ade tuh perbedaan Swasta ama kampus Negeri, ya secara yang dinilaikan sama, Kurikulumnya, sistem pengajarannya, Dosennya, Mahasiswanya, Lulusannya, Fasilitasnya, pokok na semua-semua na, nah buat contoh aja ya di Kampus Negeri U** yang Misalnya Ilmu Hukumnya terakreditas B terus di Swasta juga Ilmu Hukumnya juga terakreditasi A, nah baikan mana cuba? namun itulah terkadang masyarakat Indonesia ini hoby banget ketipu ama yang begituan (Misal Dogma Kampus Negeri lebih bagus dari Swasta, emang bener tapi gak semua, lihat dulu dong swasta yang kek mana, kalo swasta ecek-ecek ya iya La), nah Aku mau bagi-bagi pengalaman, dulu Aku sempet gagal masuk kedokteran dan IPDN, dulu Aku berfikiran bahwa Profesi Dokter dan PNS itu adalah sesuatu yang sangat menjanjikan ketimbang harus kuliah ibarat maen Lotre alias belom jelas bakal dapet apa bakal jadi apa (itu dulu). Ya bukan berarti dua profesi itu gak bagus, jujur bagus banged malah teramat sangat bagus karena mengabdikan diri bagi masyarakat bangsa dan negara. tapi gini cuba Aku kasih kasus dikit, noh cuba aja bayangin deh kalo semua orang pada berfikiran sama, pada ngejar kerjaan yang berbau "Profesi-profesian" kebayangkan gimana jadi na Bangsa yang gede ini? kamu bener itu jawabannya, "Bakal dikit kalangan Mandiri dan Profesional", iya itu dia, bakal kagak ada usaha kecil menengah (apa lagi gede), bakal gak ada perusahaan, bakal gak ada industri, pokok na semua bakal gak ada, semua orang ngerasa udah cukup dengan profesi pasti yang dia bakal dapet begitu selesai diwisuda tanpa mau mikir orang laen, tanpa mau mikir buat ngebuka lapangan pekerjaan. Nah, kalo itu yang terjadi bakal Vacum_kan Indonesia Raya yang tercinta ini? Ayolah, cuba liat sono noh Negara China, Home industri pada jamuran dimane-mane (ude mirip panu ama kurap aje), bahkan ane brani jamin keseharian ente kagak pernah lepas dari produk ntu negara china punya, ntar abis baca ini blog ente hitung aje berapa banyak produk china yang ente punye. (Maaf bukan menggurui). Tapi inilah faktanya. Wah sepertinya tulisan Aku udah ngalur-ngidul kesana-sini, kagak ape dah, satu pesan ane, buat adek-adek yang baru tamat Sekolah Menengah Atas/Umum/Kejuruan (SMA/U/K) atau Aliah kalo mau cari kampus jangan tertipu status Negeri atau Swastanya, yang penting cek dulu akreditasi na, kalo emang dia Negeri tapi Akreditasinya lebih "Kurang Baek" bahkan kampus Negeri yang beberapa jurusannya belum terakreditasi ato udin kadaluarsa ya mending mikir2 dulu, terus yang kedua pesan ane, sebelum nentuin pilihan hati banyak-banyaknya tanye keorang yang ngerti tentang itu, misal Guru, sodara kamu, Dosen atao sapa pun (asal jangan tanya nenek-nenek hamil aja) ya itu dia coz masalah jurusan itu sangat penting Lo dalam ngedukung kesuksesan kamu selama ngejalanin kuliah ntar. Misal kek ane ni, kan ane Basic na anak sosial tapi ane ngepaksa'in diri buat jadi anak Teknik, emang bisa sih tapi bedanya temen-temen ane kuliah ambil nyantai coz emang bidangnya, nah ane sambil lari aje jatuh bangun, jadi intinya Kamu pasti bisa, apa pun jurusannya gak penting, yang pasti kamu bersungguh-sungguh dengan pilihanmu, tapi saran ane biar gampang lanjutin aja sesuai minat bakat ente,, ane tau tulisan ini gak akan berarti banyak, namun ane selaku putra bangsa merasa turut bertanggung jawab atas perkembangan pendidikan kedepannya, kasian temen-temen ane di gitu-gitu'in dalam kepolosannya memandang perguruan tinggi. Ya udah ane mau kuliah dulu, lagi ada ujian, sekali lagi tulisan ini hanya sekedar curahan isi hati ane, tanpa ada bermaksud menyinggung pihak manapun. teng yu udah baca coretan ane, wassalam...

0 komentar: