Minggu, 23 Januari 2011

Akibat Pencemaran Udara terhadap Kesehatan Manusia

Pemanasan global kini menjadi pembicaraan yang hangat untuk dibicarakan. Di mana-mana orang mulai membahas masalah ini dan mencari solusinya. Kondisinya semakin memprihatinkan. Udara yang kita hirup setiap hari ini semakin banyak mengandung zat-zat asing yang ditimbulkan oleh banyak sumber.

Banyak penyebab udara menjadi tercemar, salah satunya adalah kegiatan manusia. Semakin banyaknya kendaraan bermotor, pabrik, dan industri yang bukan hanya mengeluarkan asap kotor tetapi juga beracun karena mengandung bahan kimia yang terus menyerang langit biru kita.

Jika hal itu terus bertambah, akan membahayakan kesehatan kita manusia, hewan, juga tumbuhan. Tidak menutup kemungkinan hal itu akan mengancam kehidupan kita. Akibat pencemaran udara, banyak bibit-bibit penyakit baru berupa virus, yang sebelumnya tidak dikenal, bermunculan dan memiliki pertahanan yang kuat dan menggerogoti kekebalan tubuh kita.

Kini kita merasakan musim yang sudah tidak jelas, iklim yang berubah-ubah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Mungkin hal tersebut salah satunya disebabkan telah tercemarnya udara. Banyaknya kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas karbondioksida, lambat laun akan membuat lapisan ozon semakin menipis. Tak heran bumi kita semakin panas.

Belum lagi pabrik dan industri besar yang setiap harinya mengepulkan banyak asap berwarna hitam kelam. Lalu, semakin banyaknya efek rumah kaca, semakin menambah panas udara kita saat ini.

Akibat Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan

Tentunya kita sendiri yang akan merasakan akibat dari pencemaran udara. Terutama berefek terhadap kesehatan kita. Selain merasakan udara yang tidak enak karena panas dan kering, dampak kesehatan yang banyak dirasakan adalah terganggunya saluran pernapasan. Akibatnya, banyak yang menderita asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya.

Bagaimana tidak? Setiap hari kita menghirup udara untuk bernapas, sementara udara yang kita hirup itu sudah menjadi kotor karena tercemar. Begitu pula dengan makhluk hidup lainnya, seperti hewan dan tumbuhan pun akan terganggu kelangsungan hidupnya.

Banyak berdirinya bangunan tinggi, gedung perkantoran, apartemen, dan perumahan, menjadikan banyak lahan yang seharusnya ditumbuhi tumbuhan berubah fungsi. Hal itu menjadikan semakin sedikit produksi gas oksigen. Belum lagi hutan-hutan yang banyak ditebangi untuk kebutuhan pembuatan bangunan. Jika sudah begini, siapa yang akan memberi kita oksigen?

Sebagian orang sibuk mengantisipasi pencemaran udara ini, sebagian lagi sibuk mencemarinya. Ingat, ada banyak generasi yang perlu kita khawatirkan. Anak-anak kita akan terkena imbasnya, bisa saja pertumbuhan mereka terganggu.

Jadi, jangan heran jika kemudian akan banyak dijumpai anak yang menderita anemia. Bahkan, banyak anak yang mengalami gangguan dalam berpikir, IQ mereka akan menurun. Itu semua karena terlalu banyaknya udara kotor yang mereka hirup.

Tips menghindari pencemaran udara

Untuk menghindari semakin meluasnya pencemaran udara, ada hal-hal yang harus kita lakukan. Di antaranya sebagai berikut.

• Gunakan kendaraan umum, untuk mengurangi banyaknya orang yang memakai kendaraan, sehingga zat karbondioksida akan berkurang .

• Hiasi pekarangan sekitar rumah Anda dengan banyak menanam tumbuh-tumbuhan, untuk mmembantu produksi oksigen.

• Jaga kesehatan Anda dengan makan-makan yang sehat dan olahraga, agar tidak mudah terkena virus udara.


Kimia
Matematika
Fisika


Akibat Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan Manusia
Oleh: AnneAhira.com

0 komentar: