Minggu, 23 Januari 2011

Jaga lingkungan dengan Rumah Sehat

Perubahan iklim nan ekstrim akhir-akhir ini membuat banyak orang semakin khawatir. Kualitas udara pun semakin buruk. Berbagai penyakit berkaitan dengan jeleknya udara semakin sering ditemui. Penyakit asma yang lebih sering kumat, ispa, penyakit saluran pernapasan atas atau TBC, fleks, dan bronkitis, semakin banyak menyerang terutama anak-anak. Berbagai makalah tentang lingkungan hidup pun sudah banyak yang membahas hal ini.

Agak sulit memang ketika harus menanggulangi pencemaran udara secara keseluruhan. Dibutuhkan kerja sama yang saksama, dana yang besar, dan konsistensi yang terus-menerus untuk mendapatkan hasil maksimal.

Bagaimana kalau kita mulai dari lingkungan rumah? Diharapkan bila pencemaran udara di rumah sudah dapat diatasi, bukannya tidak mungkin kita mampu mengatasi pencemaran udara di luar rumah yang notabene di wilayah yang lebih luas.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam rangka menanggulangi pencemaran udara di rumah, adalah sebagai berikut.

1. Menanam pohon bambu hias. Agak sulit memang melakukannya di rumah-rumah yang tidak mempunyai halaman, tapi hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pot. Bambu mampu menyerap debu dan polusi dengan sangat baik.

2. Menanam pohon berdaun kecil tapi lebat, seperti beringin. Pohon beringin juga bisa ditanam di dalam pot. Rajinlah memangkas daunnya sehingga pohon beringin akan berakar lebih kuat.

3. Membersihkan kipas angin dan AC secara berkala. Udara panas membuat kedua alat pendingin itu beroperasi hampir 24 jam. Ini bisa membuat kita lengah dan tidak membersihkan kedua alat tersebut. Debu yang tersebar melalui kedua jenis alat tersebut dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan, kambuh.

4. Bersihkan debu di atas meja, rak-rak dengan lap pel basah. Lakukan hal ini setiap hari atau dua kali seminggu.

5. Buku-buku yang jarang disentuh pun hendaknya dibersihkan secara berkala.

6. Bila menggunakan suction, bersihkan juga benda itu dengan baik.

7. Ganti seprai tempat tidur minimal sebulan sekali. Akan lebih baik lagi bila menggantinya seminggu sekali. Seprai bisa menjadi tempat pencemaran udara yang luar biasa. Tapi kita tidak pernah menyadari hal ini. Apalagi kalau dari berpergian, kita langsung tidur tanpa mandi dan berganti pakaian terlebih dahulu.

8. Gantilah kawat nyamuk yang terpasang di pintu, jendela atau ventilasi, secara teratur sehingga debu-debu yang menempel tidak membuat elergi dan bersin-bersin.

9. Cuci dan ganti gorden minimal sebulan sekali. Bukankah setiap hari ketika membuka jendela, kita memegang gorden tersebut? Jadi gorden yang kotor bisa memperparah penyakit asma.

Marilah menjaga lingkungan hidup dengan menjadikan rumah kita rumah sehat.

Oleh: AnneAhira.com

0 komentar: